Etika Menggunakan Gadget

 

Handphone sudah menjadi barang kebutuhan warga Indonesia, hampir semua orang memiliki handphone. Kadang tidak cukup satu, bisa saja satu orang punya dua atau tiga. Ditambah lagi kehadiran smartphone semakin memudahkan hidup kita.

Mudahnya akses komunikasi via handphone atau smartphone kadang membuat orang lupa diri. Mudahnya komunikasi justru bisa mengganggu kepentingan orang lain. Orang-orang di sekitar Anda (terutama di tempat umum) bisa kesal jika Anda tidak memiliki etika saat menggunakan handphone, smartphone atau iPad.

Oh.. ada etikanya? Tentu saja ada dan harus Anda pergunakan. Jangan sampai smartphone yang Anda pakai justru membuat Anda tidak tampil smart karena tidak tahu etikanya.

Melihat atau Membalas Pesan Tertulis

Saat berbicara dengan orang lain, hindari melihat pesan yang masuk, melihat status teman atau membalas pesan. Hal ini tidak sopan dan Anda dianggap tidak menghormati orang yang sedang Anda ajak bicara. 
Terutama saat Anda meeting, wawancara kerja, sedang dilayani oleh pramusaji, kasir dan sebagainya. Jika Anda mendapat pesan tertulis (yang dirasa sangat penting) dan ingin membaca atau membalasnya, mintalah izin (setelah selesai membicarakan hal serius).

Memilih Ringtone

Ada jutaan ringtone yang bisa Anda pilih, mulai dari musik, lagu, bahkan ringtone berisik yang mengganggu. Sebisa mungkin pilih ringtone klasik, apalagi jika Anda ada di kawasan umum. Ringtone dengan suara keras atau nada yang mengganggu apalagi tidak sopan bisa membuat orang lain tidak nyaman dan menatap Anda dengan pandangan sinis.

Silent atau Matikan Handphone Saat..

Anda berada di dalam bioskop, sedang wawancara kerja, sedang meeting, sedang melakukan pembicaraan penting, sedang berada di rumah ibadah, sedang berada di pemakaman dan sebagainya. Anda pasti tidak suka jika ibadah Anda terganggu karena suara ringtone orang lain, termasuk saat Anda nonton film di bioskop. Jika Anda tidak ingin mematikan handphone, pilih fungsi getar.

Tidak Perlu Bersuara Keras Saat Menelepon

Saat Anda ada di ruang publik, akan lebih baik jika Anda berbicara dengan suara pelan saat berbincang melalui handphone. Sebisa mungkin lakukan pembicaraan singkat. Kalaupun Anda harus melakukan pembicaraan panjang, minta izin untuk meninggalkan meja makan, ruangan dan teman-teman Anda ke ruangan yang lebih sepi dan tidak banyak dilalui orang. PASTIKAN pembicaraan ini memang serius dan tidak dapat ditunda.

Hindari Obrolan Pribadi

Obrolan pribadi butuh ruang pribadi. Jika Anda sedang berada di tempat umum, tunda obrolan ini. Jangan sampai orang lain tidak nyaman mendengar obrolan pribadi Anda. Dalam hal ini, termasuk obrolan kangen dengan pacar atau obrolan mesra lainnya, bagi Anda so sweet, tapi ini mengganggu kenyamanan orang lain. 

Lebih Baik Menelepon Jika..

Lebih baik menelepon ketimbang SMS saat Anda membutuhkan informasi yang cepat. Termasuk saat Anda mengucapkan pesan duka cita, ucapan pernikahan dan berbagai kabar penting lainnya. Saat Anda mengirim pesan, belum tentu sang penerima langsung membaca pesan Anda.

Fokuslah Dengan Kendaraan Anda!

Jangan pernah menelepon saat Anda berkendara, termasuk mengetik SMS/BBM balasan, menulis status dan sebagainya. Fokuslah pada kendaraan Anda! Hal ini akan mendukung keselamatan Anda dan keselamatan pengguna jalan yang lain. Jika Anda sedang menunggu telepon penting dan berdering saat sedang menyetir kendaraan, pinggirkan kendaraan terlebih dahulu, baru angkat telepon.

Yang Harus Anda Ingat!

Hormati dahulu orang yang ada di hadapan Anda, sebelum menyentuh handphone (untuk mengecek email, status, BBM dan lain sebagainya). Jangan pernah membiarkan orang lain bicara pada Anda tetapi jari dan mata sibuk membalas pesan di handphone, itu sangat sangat tidak sopan. Hormati orang lain jika Anda ingin dihormati. Bijak memakai handphone akan membuat Anda dan orang lain nyaman.

Dampak Positif Dari Penggunaan Gadget

  1. Mempermudah komunikasi
  2. Menambah pengetahuan dan wawasan dalam berbagai aspek
  3. Memperluas jaringan persahabatan
  4. Sarana Hiburan

Dampak Negatif Dari Penggunaan Gadget

  1. Membentuk sifat hedonisme
  2. Membuat orang jadi malas
  3. Menciptakan lingkungan pergaulan yang tidak sehat
  4. Efek radiasi
  • Contoh Kasus Dampak Positif Penggunaan Gadget
    Sebagai media pembelajaran disekolah dan playgroup yang telah diterapkan disalah satu negara. Dimana gadget digunakan untuk memperkenal alphabet dan huruf pada playgroup dan untuk anak sekolah ditampilkan dalam bentuk animasi, misalnya proses terjadinya fotosintesis.

  • Contoh Kasus Dampak Negatif Penggunaan Gadget
    Banyak anak kecil yang sibuk sendiri dengan gadgetnya, sampai disuruh orang tuanya berhenti tidak mau berhenti sebelum batu baterainya dan membuat anak tidak mau bermain diluar.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: