BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar Belakang

 

            Di era globalisasi ini perkembangan teknologi komputer banyak dijadikan sebagai alat yang membantu dan mempermudah pengajaran mengenai suatu materi. Perkembangan yang paling pesat tampaknya terjadi pada bidang komunikasi. Saat ini untuk berkomunikasi dan saling terhubung menjadi sangat mudah, murah dan efisien. Cukup menggunakan ponsel lalu mencari nomor kontak yang dituju dan menekan tombol ok, semua orang bisa saling berkomunikasi. Dalam pembelajaran dari agama islam pun sudah mengenal & berdampingan dengan teknologi baik dalam personal computer (PC) maupun dalam bidang telepon seluler contohnya aplikasi teknologi al-qur’an, do’a-do’a, juz’ama dan lain-lain.

Dalam hal ini penulis melihat bahwa banyak dari umat muslim khususnya jamaah umrah yang tidak mempelajari ilmu Manasik (ibadah haji) tersebut, dikhawatirkan pulang dari tanah suci tidak membawa predikat haji yang mabrur, karena mungkin di dalam melaksanakan ibadah haji tersebut ada syarat dan rukun yang ditinggalkan. Sebab banyak sekali orang yang melaksanakan ibadah haji/umrah hanya sekedar ikut ikutan, dan ini merupakan kesalahan besar. maka wajib mempelajari cara-cara ibadah haji dan umroh dengan membaca buku atau kitab manasik yang mudah dimengerti, kalau tidak mampu wajib bertanya kepada orang yang alim dalam bab haji dan sudah berpengalaman. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang berupa suatu media aplikasi mobile sehingga dimanapun mereka berada, mereka dapat mempelajari lebih lanjut tentang arti dan makna dari manasik khususnya umrah tanpa perlu membawa buku panduan manasik umrah.

Solusi yang penulis berikan adalah berupa sebuah aplikasi mobile yang berisi tentang paduan manasik umrah yang disajikan secara singkat dan praktis tanpa menyimpang dari Al-Qur’an dan sunah rasul. Dengan aplikasi ini diharapkan kaum muslim khususnya jamaah umrah bisa lebih mudah dalam mempelajari bacaan manasik umrah serta dapat memahami makna dan manfaat dari ibadah umrah. Dengan demikian penulis ingin mengangkat judul “APLIKASI PANDUAN PRAKTIS MANASIK UMRAH BERBASIS ANDROID”.

 

 

 

 

1.2  Batasan Masalah

Batasan masalah penulisan ilmiah ini adalah ditujukan untuk kaum muslim khususnya para jamaah ibadah umrah yang ingin lebih mempelajari paduan praktis manasik umrah  pada saat dimanapun mereka berada. Aplikasi ini menyediakan dari definisi Umrah, persiapan manasik umrah dan tatacara pelaksaannya serta doa-doa ibadah umrah.

 

1.3 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ini adalah memberikan bekal pengetahuan tentang umroh agar calon jemaah dapat melaksanakannya dengan baik dan benar, termasuk didalamnya petunjuk tentang beberapa doa manasik umroh yang diambil dari Al-Qur’an dan Hadist.

 

1.4 Metode Penulisan

Metode penulisan yang diterapkan penulis untuk menyajikan secara bertahap, Adapun dalam penelitian ini membutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak. perangkat keras yang dibutuhkan adalah satu unit Laptop pribadi lengkap.

Tahap awal yang dilakukan oleh penulis adalah melakukan pencarian informasi berupa bahan-bahan dan data yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi ini melalui buku-buku atau petunjuk yang berguna dan relevan browsing di internet.

Tahap selanjutnya adalah merancang sebuah output yang dibutuhkan pada aplikasi ini, setelah melakukan perancangan output kemudian melakukan pembuatan struktur program serta diagram alur (flowchart) dimana merupakan rancangan dari urutan-urutan proses logis dan sistematis dari aplikasi ini.

Tahap berikutnya adalah Pembuatan naskah program. dengan bahasa pemograman java yang akan diimplementasikan kedalam Android dan XML.

Tahap terakhir dalam pembuatan aplikasi ini adalah tahap uji coba, program yang sudah valid dan terverifikasi selanjutnya dijalankan selama beberapa kali guna mengetahui lebih detail letak kesalahan yang terjadi.

 

1.5        Sistematika  Penulisan

Sistematika yang digunakan penulis adalah menyajikan gambaran secara singkat mengenai permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan ini, sehingga akan memperoleh gambaran yang jelas tentang isi dari penulisan ini terdiri dari empat bab diantaranya :

 

BAB I             PENDAHULUAN

Menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penelitian dan sistematika penelitian.

BAB II                        LANDASAN TEORI

Menjelaskan teori-teori yang berhubungan dengan penelitian ilmiah dalam penulisan ini.

BAB III          PEMBAHASAN MASALAH

Pada bab ini menjelaskan tentang tata cara pembuatan aplikasi pada android.

BAB IV          PENUTUP

Bab ini menjelaskan tentang kesimpulan dan saran yang diajukan

penulis dari penulisan dan pembahasan yang dibuat oleh penulis.
sumber : Muhamad Fazry