Assalamuallaikum wr.wb.

kali ini saya membuat sebuah  artikel yang merupakan Tugas dengan materi yaitu Open GL, lalu Open GL itu sendiri apa sih? OpenGL singkatan kata dari Open Graphic Library yaitu spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun 3D. Nah, Untuk kita mengoperikan OpenGL kita menggunakan bahasa C++ dengan menginstal DEV-C++ dan OpenGL terlebih dahulu. Setelah selesai menginstall Dev C++ dan header OpenGL, selanjutnya dalam materi ini kita Membuat Garis Horizontal,  Diagonal dan  Vertikal dengan OpenGL . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan.

Untuk OS Windows, library ini mempunyai 3 files yaitu Glut.h, Glut32.lib dan Glut32.dll. oke pertama kita membutuhkan file Open GL tersebut, untuk mendapatkannya kita bisa cari di internet ada banyak sumber yang menunggah file tersebut atau klik disini. cara instalasi nya bisa di cari di berbagai sumber, lalu kita  akan membuat project baru pada dev-C++ yaitu Pilih file lalu new –> project. pilih tag Multimedia –> lalu klik OpenGL dan beri nama project  yang anda inginkan.

Membuat Garis Horizontal, Diagonal dan Vertikal.

Pertama kita membuat garis Horizontal. dan header yang telah terinstalasi di dev-C++ kita berfokus pada /* OpenGL animation code goes here */. kemudian kita hanya mengubah pada bagian ini saja.Image

Penjelasan program :          

            glClearColor (0.1f, 0.1f, 0.9f, 0.9f);     ( Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA )

            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); ( Untuk membersihkan layar latar belakang )

            glPushMatrix (); //              ( Untuk membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar )

            glClearColor(1,1,1,0);       (untuk menentukan warna garis/titik)

            glColor3f(1,1,1); //          (untuk menentukan warna garis/titik)

            glBegin(GL_LINES);       (untuk menggambar garis dari titik yang digunakan )

            glVertex3f(0,0,-0.0);        ( untuk menentukan titik awal yang digunakan )

            glVertex3f(0.9,0.0,0.0);       ( untuk menentukan titik akhir yang digunakan )

            /////////////////////////////////

            glEnd ();                        (untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir )

            glPopMatrix ();               (Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar)

            SwapBuffers (hDC);        (digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar)

            Sleep (1);

        }

setelah mengedit koding tersebut silahkan coba kita kompilasi dan run. Hasilnya seperti di bawah ini :
Image|

demikian juga dengan Garis Diagonal dan Garis Vertikal, koding nya sama dan fungsinya sama, seperti dibawah ini :

GARIS DIAGONAL
Image

Outputnya :
Image

GARIS VERTIKAL
Image
Outputnya :
Image

Nah, terlihat sama kan? tetapi disini ada yang berbeda yaitu koordinat nya pada glVertex3f(). Coba kita perhatikan baik-baik… ya memang berbeda ya.. cukup sederhana bukan? kita hanya butuh imjinasi dan logika yang berbaur jadi satu kemudian menciptakan suatu karya. Demikian dari artikel saya mohon maaf bila ada salah kata juga mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. sekian terima kasih..🙂

Wassalamu’alaikum. wr.wb.