KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam penulis sampaikan kehadirat Allah Swt ,karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam Tulisan kali ini penulis membahas Perusahaan yang meyakini Pengembangan Organisasi / Bekerja sama seperti Holding Company, Joint Vantura, Go Public, Anak Perusahaan.

Tulisan ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman masalah dalam pengembangan perusahaan/ organisasi dan sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas mahasiswa yang mengikuti mata kuliah softskill “Teori Organisasi”.

Dalam Penulisan tulisan ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan tulisan ini.

Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin.

Latar Belakang Permasalahan

Suatu perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang selalu berupaya meningkatkan produktivitas kerja sebagai sistem organisai tersebut, termasuk sistem manajeman, sistem fungsional dan sistem operasional. Indonesia merupakan negara berkembang di daerah asia tenggara. Perkembangan ini dapat dilihat dari berbagai aspek, diantaranya adalah bidang sosial ekonomi, teknologi serta informasi dan telekomunikasi. Pada bidang sosial ekonomi  Indonesia menunjukkan perubahan positif sampai tahun 2008 kecuali inflasi (Antaranews, Agustus 2008 ).

Dari fakta tersebut dapat dilihat bahwa sektor-sektor yang mempengaruhi bidang ini pun juga menunjukkan perubahan positif. Sektor lain yang ikut menunjukkan perubahan positif diantaranya adalah ekspor dan impor. Begitu juga pada bidang informasi, Banyaknya provider dengan masing–masing provider juga mempunyai banyak produk, maka segmentasi pasar produk ini akan semakin sulit bagi perusahaan baru yang ingin masuk pada pasar yang sama yang telah dibidik oleh provider lama. seperti ESIA, SMART, FREN, 3 *dibaca “three” , dan AXIS, padahal sebelumnya juga sudah banyak provider pendahulu seperti TELKOM, TELKOMSEL, XL, dan INDOSAT, dimana masing – masing provider menawarkan produk unggulan yang beraneka ragam.

 

Holding Company 

Perusahaan induk dalam bahasa inggris holding company adalah perusahaan yang menjadi perusahaan utama yang membawahi beberapa perusahaan yang tergabung ke dalam satu grup perusahaan. Melalui pengelompokan perusahaan ke dalam induk perusahaan, dimungkinkan terjadinya peningkatan atau penciptaan nilai pasar perusahaan (market value creation). Ciri atau unsur yang dimiliki holding company ialah Secara ekonomi ada kesatuan sedangkan secara yuridis jumlah jamak.

Joint Vantura

Perusahaan patungan yang biasa disebut juga joint ventura adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan aktivitas ekonomi bersama. Pihak-pihak itu setuju untuk berkelompok dengan menyumbang keadilan kepemilikan, dan kemudian saham dalam penerimaan, biaya dan kontrol perusahaan. Perusahaan ini hanya dapat untuk proyek khusus saja, atau hubungan bisnis yang berkelanjutan seperti perusahaan patungan Smartfren

Ini terbalik dengan persekutuan strategi, yang tak melibatkan taruhan keadilan oleh pesertanya, dan susunannya kurang begitu sulit. Frase ini umumnya merujuk pada tujuan kelompok dan bukan jenis kelompok. Kemudian, perusahaan patungan bisa berupa badan hukum, kemitraan , LLC atau struktur resmi lainnya, bergantung pada jumlah pertimbangan seperti pertanggungjawaban Pajak dan Kerugian

Go Public

GO PUBLIK disebut dengan Perusahaan terbuka yang berarti menjual saham perusahaan ke para investor dan membiarkan saham tersebut diperdagangkan di pasar saham. Sebagai contoh, PT. Indofood, PT. Aneka Tambang, Indosat, dan masih banyak perusahaan lainnya yang sudah menjadi Go Public. Salah satunya  PT Indosat Tbk, sebelumnya bernama PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Persero) adalah sebuah perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang lengkap dan terbesar kedua diIndonesia untuk jasa seluler (Matrix, Mentari dan IM3). Saat ini, komposisi kepemilikansaham Indosat adalah: Qatar Telecom (65%), Publik (20,1%), serta Pemerintah Republik Indonesia (14,9%). Indosat juga mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia dan BursaSaham New York.

Anak perusahaan

Dalam dunia Bisnis adalah sebuah perusahaan yang dikendalikan oleh sebuah perusahaan yang terpisah yang lebih tinggi. Perusahaan yang dikendalikan disebut sebagai Perusahaan, korporasi, atau perseroan terbatas, dan dalam beberapa kasus dapat menjadi pemerintah atau perusahaan milik negara, dan pengendalian Perusahaan disebut induknya (atau Anak Perusahaan). Orang tua dan anak perusahaan tidak selalu harus beroperasi di lokasi yang sama, atau tidak juga mengoperasikan bisnis yang sama, tetapi juga mungkin bahwa mereka bisa dibayangkan pesaing di pasar. Juga, karena perusahaan induk dan anak perusahaan adalah entitas yang terpisah, sangatlah mungkin untuk salah satu dari mereka untuk terlibat dalam proses hukum, kepailitan, kenakalan pajak, dakwaan dan/atau dalam penyelidikan, sementara yang lain tidak.

Kesimpulan

Perkembangan sistem informasi sangat diperlukan oleh setiap perusahaan yang ingin berkembang pesat dan berusaha untuk lebih maju, untuk itu setiap perusahaan dituntuk untuk adanya perancangan sistem informasi yang dinamis seiring dengan perkembangan jaman yang ada sekarang ini. Dalam hal inilah yang dimaksudkan bahwa pengembangan sistem informasi merupakan siklus yang tidak pernah berakhir.

sumber : id.wikipedia.org

oleh Muhamad Fazry (2ka31)