Organisasi sosial

Perkumpulan Sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.Keberadaan lembaga sosial tidak lepas dari adanya nilai dan norma dalam masyarakat. Di mana nilai merupakan sesuatu yang baik, dicita- citakan, dan dianggap penting oleh masyarakat. Oleh karenanya, untuk mewujudkan nilai sosial, masyarakat menciptakan aturan-aturan yang tegas yang disebut norma sosial. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri. 

Ciri-ciri organisasi sosial

Sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) :

  • Hierarkhi : merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
  • Besarnya dan Kompleksnya :  pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.
  • Lamanya (duration) : eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.
  • Formalitas :  ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.

 Ciri-ciri lain yang behubungan dengan keberadaan organisasi itu sebagai berikut:

  1. Rumusan batas-batas operasionalnya(organisasi) jelas; 
  2. Memiliki identitas yang jelas;
  3. Keanggotaan formal, status dan peran. 

Contoh organisasi sosial : “karang taruna”,dll..

Organisasi Informal

merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari.Organisasi informal dapat dialihkan menjadi organisasi formal apabila hubungan didalamnya dan kegiatan yang dilakukan terstruktur dan terumuskan. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi. Contohnya sebagai berikut :

pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama, arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dll.

 

Organisasi Niaga

 

merupakan organisasi yang bertujuan untuk mencari keuntungan, ada beberapa contoh organisasi niaga yaitu Perseroan Terbatas (PT), Perseroan, Komanditer (CV), Firma (FA),
Joint Ventura, Kartel, Holding Company, koperasi.

 

PT adalah suatu perusahaan yang modal dan sahamnya terdiri dari saham milik pribadi dan sebagian dari pihak lain atau asing.

 

CV adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.

 

Koperasi adalah suatu jenis badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan.

 

Kartel adalah kelompok produsen mandiri yang bertujuan menetapkan harga, membatasi suplai dan kompetisi. 

  

FA (Firma) adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama.

 

Holding Company adalah suatu gabungan saham yang biasanya mengawasi 1 atau lebih perusahaan, dan mengawasinya dengan keseluruhan.

 

Joint Ventura adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih untuk menjalankan aktivitas ekonomi bersama. Perusahaan ini hanya dapat untuk proyek khusus. Pihak-pihak itu setuju untuk berkelompok dengan menyumbang keadilan kepemilikan, dan kemudian saham dalam penerimaan, biaya , dan kontrol perusahaan.

 

Referensi :

 

http://klipingcatatan.blogspot.com/2010/12/organisasi-niaga.html

http://andikrachman.blogspot.com/2010/11/organisasi-informal.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_sosial