Organisasi

Organisasi berfungsi sebagai prasarana atau alat untuk mencapai tujuan.

Istilah Organisasi dapat diartikan sebagai WADAH yaitu Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama (Statis), PROSES yaitu Pengelompokan manusia dalam kerjasama yang efesien   (bersifat Dinamis). Definisi Secara umum adalah Kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan.

                                                    

Beberapa definisi tentang Organisasi:

         

Menurut ERNEST DALE:

Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu  struktur atau pola hubunngan kerja dari orang-orang dalam suatu kerja kelompok.

 

Menurut CYRIL SOFFER:

Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peran tertentu dalam suatu system kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan kemudian digabung lagi dalam beberapa bentuk hasil.

 

Menurut KAST dan ROSENZWEIG:

Organisasi adalah sub system teknik, sub system structural, sub system pshikososial dan sub system manajerial dari lingkungan yang lebih luas dimana ada kumpulan orang-orang berorenteasi pada tujuan.

 

suatu organisasi dalam abad 21 ini, haruslah dibangun sebagai organisasi yang memiliki sifat fleksibel dan mudah dikontrol, maka organisasi itu tidaklah terlalu muda atau terlalu tua, tahap ini dinamakan PRIMA dalam daur hidup organisasi. Organisasi dalam keadaan PRIMA, benar-benar diperlengkapi untuk menerima dan menanggapi perubahan yang cepat didalam pasar, teknologi, kompetisi dan kebutuhan pelanggan.

Bertolak dari pemikiran bahwa kunci organisasi yang mampu mendukung daur hidup organisasi kedalam posisi PRIMA yang mampu diremajakan secara berkelanjutan terletak pada faktor fleksibilitas dan kontrol, oleh karena itu pemilihan model struktur organisasi sangat menentukan.

Manajemen

Manajemen merupakan Proses dari kegiatan seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yang terbaik  melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber-sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan. Kegiatan dari manjemen itu sendiri antara lain : Planning  (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Motivating (motivasi), Controlling (pengendalian).

 

 

 

 

Di bawah ini adalah definisi dari kata manajemen  menurut para tokoh-tokoh:

Menurut James A.F. Stoner .

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Menurut Mary Parker Follet. 

Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

 

 

Fungsi manajemen menurut George Terry terdiri dari :

  • planning,
  • organizing,
  • actuating
  • controlling.

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol terdiri dari :

  • planning,
  • organizing,
  • commanding,
  • coordinating
  • controlling.

 

Fungsi manajemen Menurut Luther Gullick  terdiri dari :

  • planning,
  • organizing,
  • staffing,
  • directing,
  • coordinating,
  • reporting,
  • controling.

 

Fungsi manajemen  Menurut Ernest Dale Tubb terdiri dari :

  • Planning,
  • Organizing,
  • Staffing,
  • Directing,
  • Innovating,
  • Representing
  • Controling

 

Gambar Bagan Struktur Orgaisasi :

 

 Gambar

 

Referensi :

http://moursalinho.blogspot.com/2011/10/organisasi.html#more

http://nurhidayat-room.blogspot.com/2010/04/beberapa-fungsi-manajemen.html

http://arizalferdiansyah.blogspot.com/2011/09/pengertian-organisasi-dan-manajemen.html