Kata Siksaan atau penyiksaan berasal dari bahasa inggris yaitu torture yang dapat diartikan sebagai tindakan diluar batas kewajaran yang mengakibatkan korban sakit jasmani maupun rohani. Siksaan ini dapat mengakibatkan penderitaan yang bisa saja berujung pada balas dendam. Siksaan ini merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan sengaja dengan tujuan intimidasi, balas denda, hukuman, ataupun sadisme. Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbulah penderitaan.

 

  • Kebimbangan dialami oleh seseorang saat orang tersebut tidak dapat menentukan pilihan yang akan diiambil. Kebimbangan dapat mengakibatkan seseorang merasakan serta mengalami keadaan yang tidak menentu sehingga ia merasakan penderitaan. Namun untuk orang yang dapat berpikir dengan jernih, kebimbangan tentu saja dapat dengan mudah dilewati. Kebalikannya, untuk orang yang lemah berpikirnya, kebimbangan tersebut akan dialami dalam jangka waktu yang lama dan menyebabkan siksaan bahkan penderitaan batin yang lama.
  • Kesepian yaitu keadaan dimana seseorang merasa sendiri meskipun iya berada dalam lingkungan yang ramai. Kesepian juga dapat berakibat pada siksaan, siksaan batin tentunya. Seseorang akan merasa bahwa dirinya akan selalu sendiri dan tidak ada orang lain yang mau menemaninya. Sama halnya dengan kebimbangan, kesepian juga dapat dihindari atau dilewati dengan cepat, salah satunya yaitu dengan cara berbaur dengan kawan-kawan dan melakukan hal-hal yang menyenangkan.
  • Ketakutan merupakan bagian dari phobia, apabila ketakutan tidak ditempatkan pada tempat yang benar, maka tentulah ketakutan dapat berakibat phobia. Ketakutan biasanya dialami oleh seseorang pada benda, binatang, ataupun situasi tertentu. Sama halnya dengan kesepian, ketakutan juga dapat dialami seseorang dalam situasi lingkungan yang ramai.

 

Banyak penyebab yang menjadikan seseorang mengalami ketakutan, berikut dianataranya :

 

  1. Claustrophobia merupakan ketakutan pada ruanganan tertutup.
  2. Agoraphobia ketakutan pada ruangan terbuka
  3. Gamang merukapan ketakutan yang dialami seseorang yang berada pada tempat yang tinggi
  4. Kegelapan Ketakutan yang terjadi apabila seseorang berada dalam keadaan yang gelap akan membuat seseorang memikirkan sesuatu yang ia takuti.
  5. Kesakitan Merupakan ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami.
  6. Kegagalan Ini merupakan ketakutan dimana seseorang berpikir dan merasa bahwa dirinya akan gagal sebelum menjalankan sesuatu.

sumber :

http://wapedia.mobi/id/Siksa

http://septiarnita.blogspot.com/2011/06/manusia-dan-penderitaan.html