Kebudayaan/budaya sering kali dipahami dengan pengertian yang tidak tepat. Beberapa ahli ilmu sosial telah berusaha merumuskan berbagai definisi tentang kebudayaan dalam rangka memberikan pengertian yang benar tentang apa yang dimaksud dengan kebudayaan tersebut. Akan tetapi ternyata definisi-definisi tersebut tetap saja kurang memuaskan.Terdapat dua aliran pemikiran yang berusaha memberikan kerangka bagi pemahaman tentang pengertian kebudayaan ini, yaitu aliran ideasional dan aliran behaviorisme/materialisme.

Kebudayaan/buadaya itu sendiri disusun atas beberapa komponen yaitu komponen yang bersifat kognitif, normatif, dan material. Dalam memandang kebudayaan, orang sering kali terjebak dalam sifat chauvinisme yaitu membanggakan kebudayaannya sendiri dan menganggap rendah kebudayaan lain. Seharusnya dalam memahami kebudayaan kita berpegangan pada sifat-sifat kebudayaan yang variatif, relatif, universal, dan counterculture. Koentjaraningrat berusaha merangkum pengertian kebudayaan dalam tiga wujudnya, yaitu kebudayaan sebagai wujud cultural system, social system, dan artifact.

Hubungannya budaya dengan IBD yaitu  Ilmu budaya dasar itu sendiri merupakan ilmu pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan, pengertian tersebut adalah pengertian ilmu budaya dasar secara sederhana.sudah sangat jelas kalau budaya dengan Ilmu Budaya Dasar sangat berhubungan. Budaya adalah suatu kebiasaan manusia yang dilakukan berdasarkan tempat atau letak mereka hidup dan bersosialisasi.

Jadi, budaya dengan Ilmu Budaya Dasar sangatlah erat kaitannya karena setiap budaya yang ada di suatu tempat atau di masyarakat harus di pelajari dan dijadikan pedoman dalam mata kuliah tersebut yang bertujuan untuk mengembangkan budaya-budaya tersebut agar berkembang dan bisa menjadi kebanggaan dari daerah tersebut. Karena itu setiap budaya yang ada dalam suatu tempat atau lingkungan masyarakat di pelajari dan dijadikan suatu pelajaran dalam mata kuliah untuk lebih mengenal dan mengembangkan budaya- budaya yang baik.

Saran dan kritik

Menururut saya, ilmu budaya dasar itu memang saling berkaitan dan saling bergantung satu sama lain, karena dengan ilmu pengetahuan yang memfokuskan akan kebudayaan maka kita bisa memahami kebudayan di negeri kita tercinta Indonesia Raya yang amat kaya akan suku adat istiadat, seni, etika dan norma-norma yang berlaku. Kita juga harus mengamalkannya dengan bersikap toleransi terhadap suku-suku lainnya di Indonesia. Tetapi pada era globalisasi ini banyak kaum-kaum muda yang lebih bangga akan gaya ala kebarat-baratan padahal di Indonesia tidak kalah bagusnya dengan gaya, seni, kuliner dan busana dari warisan nusantara, seperti baju batik dll yang harus dikembangkan, di jaga dan dilestarikan. Jika tidak ada kesadaran dari masyarakat  maka budaya kita akan diakui oleh Negara lain.

Sumber :

http://anggipay.blogspot.com/2011/04/hubungan-budaya-dengan-ilmu-budaya.html

http://reshairnia.blogspot.com/